Berikut ini
adalah pengertian dan definisi game:
# JOHN C
BECK & MITCHELL WADE
Game adalah
penarik perhatian yang telah terbukti
Game adalah
lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut
pemecahan masalah secara kolaborasi
# IVAN C.
SIBERO
Game
merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna
media elektronik saat ini.
# FAUZI A
Game
merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar
pikiran dari rasa penat yang disebabkan
oleh aktivitas dan rutinitas kita
# SAMUEL
HENRY
Game
merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang
tua menuding game sebagai penyebab nilai
anak turun, anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang
dilakukan anak
# ANDIK
SUSILO
Game adalah
salah satu candu yang susah dihilangkan,
bahkan ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba
# JOHN
NAISBITT
Game
merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat
penceritaan yang tidak dimiliki film
# ALBERT
EINSTEIN
Game adalah
bentuk investigasi paling tinggi
# WIJAYA
ARIYANA & DENI ARIFIANTO
Game
merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna
komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen
komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya
http://id.wikipedia.org/wiki/game
2.
Jenis-jenis game biasanya digunakan untuk mengkatagorikan sebuah game
berdasarkan dari interaksi gameplay daripada perbedaan tampilan atau narasi.
Sebuah jenis game dapat didefinisikan dengan kumpulan dari sebuah tipe
permainan dari game tersebut. Game-game tersebut dapat diklasifikasikan dengan
berbagai pengaturan atau dari konten dari isi game tersebut, tidak seperti
hasil fiksi seperti films ataupun buku. Sebagai contoh, sebuah game action
tetap saja disebut game action, biarpun game tersebut mengambil tempat di dunia
fantasi ataupun di ruang angkasa.
Action
Sebuah game
action membutuhkan pemain dengan kecepatan reflex, akurasi, dan ketepatan waktu
untuk menghadapi sebuah rintangan. Ini adalah dasar dari kebanyakan sebuah
jenis game, dan salah satu yang dibutuhkan oleh pemain. Game action biasanya
mempunyai gameplay yang berhubungan dengan pertarungan. Banyak sekali sub jenis
dari game action, contohnya fighting games dan first-person shooters.
Beat 'em up/
Hack and Slash
Game Beat
'em up dan hack and slash mempunyai ciri pertarungan jarak dekat antara satu
dengan banyak musuh. Jenis game ini menjadi populer pada tahun 1987 dengan di
rilisnya Double Dragon, yang disusul oleh banyak game yang mirip dengan game
tersebut.
Fighting
Game
Game
fighting biasanya mempunyai ciri pertarungan satu lawan satu antara dua
karakter, yang dimana salah satu dari karakter di kendalikan oleh komputer.
Salah satu contoh game fighting adalah Street Fighter II.
Maze Game
Game Maze
biasanya mempunyai tempat bermain yang berisikan maze atau teka-teki, yang
dimana pemain harus menggerakan/menavigasikan. Salah satu game maze yang paling
terkenal adalah Pac-Man.
First-Person
Shooter
Game
First-Person Shooter, yang biasanya dikenal dengan sebutan FPS menekankan
pemotretan dan tempur dari perspektif karakter yang dikendalikan oleh pemain.
Perspektif ini dimaksudkan untuk memberikan pemain perasaan "berada di
sana", dan memungkinkan pemain untuk fokus pada bidikan. Contoh game
seperti ini antara lain Team Fortress, Halo, Killzone, Metroid Prime, Unreal
Tournament, Call of Duty, TimeSplitters, masih banyak lagi.
MMOFPS
Game
massively multiplayer online first person shooter (MMOFPS) adalah jenis dari
game massively multiplayer online yang menggabungkan game first person shooter
dengan dunia maya di mana sejumlah besar pemain dapat berinteraksi melalui
internet. Sedangkan game FPS standar membatasi jumlah pemain untuk mampu
bermain dalam pertandingan multiplayer. ratusan pemain dapat bertempur satu
sama lain pada server yang sama dalam sebuah MMOFPS.
Action-Adventure
Game
action-adventure menggabungkan unsur-unsur jenis komponen antara game action
dan game adventure, biasanya menampilkan rintangan yang berjangka panjang yang
harus diatasi menggunakan alat atau item sebagai alat bantu dalam mengatasi
rintangan, serta rintangan yang lebih kecil yang hampir terus-menerus ada. Game
action-adventure pertama adalah game Adventure (1979) dari Atari 2600.
3. Membuat sebuah game memerlukan proses yang panjang
dan sangat kompleks. pembuatan game tidak jauh beda dengan pembuatan program
perangkat lunak pada umumnya. terdapat beberapa tahap atau session dalam proses
pembuatan game. ada tahap merancang, membuat flowchart, menulis source code,
menguji program, debugging, mengompile, dan akhirnya lalu mendistribusikan
kepada masyarakat umum. perbedaan dari game dengan perangkat lunak adalah
adalah game memiliki banyak objek unik yang kompleks disamping teknis
pemrograman itu sendiri. suatu game tidak hanya melibatkan penciptaan source
code program saja, melainkan objek lain seperti animasi, musik, kecerdasan
buatan (AI),SFX, citra 2D dan 3D, alur cerita, hukum ekonomi, dan lain
sebagainya.
konteks sederhana dari pembuatan game adalah:
1. merancang/designing.
2. mewujudkan rancangan.
3. memprogram/mengcompile.
Perancangan game
merancang suatu game memerlukan pemikiran yang
total, karena disinilah peran sang designer untuk mengembangkan bagaimana game
yang akan dibuatnya menjadi menarik dan bagus. untuk merancang suatu game yang
sangat “canggih” dibutuhkan waktu yang lama. hal ini dikarenakan seorang game
designer membutuhkan waktu yang bisa jadi bertahun-tahun hanya untuk
mengumpulkan ide dari suatu game yang akan dibuat nantinya. dalam
mendesain/merancang game, seorang designer (atau satu team designer)
mengumpulkan ide-ide terlebih dahulu selama beberapa waktu. Ide yang dimaksud
adalah :
1. seperti apa game itu nantinya,
2. bisa dimainkan oleh berapa orang,
3. genrenya apa,
4. memakai sistem skor atau tidak,
5. karakterkarakternya (termasuk sketsa/gambarnya
plus biodata juga),
6. aturan-aturan permainan (HP/MP/FP/LP/lainnya),
7. cerita dalam game (ini bisa saja menjadi novel
jika diterbitkan sendiri :D ),
8. berapa level karakter,
9. perilaku karakter pada tiaptiap level,
10. equipment/peralatan karakter (pedang, pistol,
palu, parang, panah, sekop, helm, pakaian/zirah, tato, bom, senjata mesin,
bazoka, dsb.),
11. lingkungan tempat karakter beraksi (termasuk
dunia, peta, jalan raya, bangunan, dsb.),
12. kendaraan (mobil, kereta, pesawat, kapal, papan
luncur, sepeda motor, dsb.),
13. tipe akhir permainan (closedended atau
openended),
14. engine yang akan digunakan,
15. sistem pencahayaan (HDRI atau tidak),
16. hukum ekonomi ( misalnya perbedaan kurs mata uang
dalam game, contohnya ada di RF Online),
17. AI,
18. dan sebagainya.
Mewujudkan rancangan
tahap mewujudkan rancangan adalah kelanjutan dari
perancangan suatu game. pada tahap inilah semua kru bekerja. Seniman visual
atau disebut juga artist (dalam hal ini bisa 2D atau 3D) memvisualisasikan
karakterkarakter, lingkungan, item khusus dan bermacam material/tekstur, atau
juga poster. mereka juga bertugas membuatkan animasinya (2D, 3D, bahkan animasi
tekstur). perangkat lunak yang biasanya digunakan oleh seorang artist seperti
Blender, 3D Studio Max, Maya, Milkshape, Cinema4D, dkk. untuk membuat model dan
animasi 3D. Untuk 2D, mereka biasanya memakai Photoshop, CorelDRAW,
TextureMaker, dkk. dalam membuat karakter 2D dan material/tekstur.
Pengisian suara pada game adalah kebutuhan
tersendiri dari suatu game. Suara pada game bisa dalam bentuk SFX, dialog, atau
musik. terdapat musik latar belakang (biasanya disebut backsound music/BGM),
musik khusus (seperti di Guitar Heroes atau Ayodance), sound effects/SFX/efek
suara, dan percakapan karakter di dalam game (perlu casting/seleksi pemilihan).
dan masih banyak jenis suara-suara yang dapat diselingkan pada game.
SFX adalah suara yang dapat anda dengar seperti
ketika anda mendengar suara-suara dari pedang, senjata/pistol, ledakan,
kendaraan, air, dsb. SFX adalah efek suara yang direkam dari dunia aslinya dan
dimasukkan ke dalam game. suara-suara dari benda-benda dalam game anda dengar
sebetulnya adalah suara benda asli yang direkam kemudian dimasukkan ke dalam
game. SFX juga dapat dihasilkan menggunakan perangkat lunak (semisal Audacity,
LMMS, Wavosaur, atau FruityLoops).
BGM adalah musik yang mengiringi anda setiap kali
memainkan Super Mario Bros, Contra Force, RF Online, Ragnarok Online, Cabal Online,
atau lainnya. musik ini dimainkan sejak awal permainan sampai game over. suatu
game biasanya memiliki banyak BGM, sesuai suasana yang dialami karakter atau
yang dibawakan oleh game. dengan demikian maka akan menambah kernyataan
(realita) game anda.
Programing
Programing adalah bagian tersendiri yang tidak
ditentukan sebelum atau sesudah tahap lainnya. ketika seniman/artist visual
membuat model karakter, programer mempunyai tugas menulis source code untuk
physicnya dan dapat juga ditambahkan pada akhir proses, seperti membuatkan
cheat. jika desainnya mengharuskan memakai engine sendiri, maka programer harus
membangun engine dari nol. bisa engine secara keseluruhan engine untuk fisika
(physic), engine untuk suara 3D, engine untuk AI, dsb. ada banyak source code
yang harus ditulis oleh programer selain engine. Seperti mengode GUInya, event,
sistem pencahayaan, mode multiplayer, jaringan/sistem online, mempersatukan
artwork dari semua bagian lain (visual+audio+konsep+dll.), dan lain-lain.
programer adalah bagian yang sangat sulit.
Programer harus bisa berkomunikasi lancar dengan
bagian lain, harus menguasai betul bidangnya. jika yang dibuat adalah game 3D
bergenre Action atau FPS, maka yang harus dikuasai adalah fisika newtonian,
matematika (aljabar dkk.), psikologi (ini untuk bikin AI), dan tentu bahasa
pemrograman. bahasa pemrograman yang termahsyur untuk pembuatan game skala
besar adalah C++. semua itu tidak harus dikuasai oleh satu orang programer.
dalam tim pengembang game, ada lebih dari satu programer. seseorang bertugas
memprogram efek air, seseorang bagian fisika, seseorang bagian engine,
seseorang bagian AI, dan seseorang sebagai lead programmer yang memimpin
keseluruhan. pembagian kerja seperti ini adalah hal yang biasa dalam dunia
pembuatan game dewasa ini. jadi dalam satu tim, divisi programer diisi oleh
banyak orang.
Game Designer
Apa itu designer game??
Designer game adalah orang yang bertugas untuk
membuat alur cerita dalam sebuah game. Dengan itu, tentunya kita tidak akan
cepat bosan ketika bermain game karena kita akan terbawa oleh alur cerita.
Secara singkat, tugas dari seorang game designer
adalah merumuskan mekanik yang cocok dan fun dari ide game yang akan dibuat.
Kemudian dia berkolaborasi dengan anggota tim untuk mengimplementasikan ide dan
mekanik tersebut menjadi sebuah game.
Bagian-bagian pada designer game:
1. Lead designer adalah orang yang bertanggung
jawab atas semua kinerja team nya. Dia juga memastikan komunikasi tim berjalan
dengan baik dan mengambil keputusan.
2. Game mechanic designer adalah orang yang
mendesain dan menyeimbangkan mekanika alur cerita pada sebuah game.
3. Level designer or environment designer adalah
orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan misi game, level game, dan
lingkungan sekitar pada game.
4. Writer adalah orang yang bekerja untuk memahami
cerita dari permainan, dialog, komentar, dan cerita cuplikan game.
Itulah bagian-bagian dari designer. Biasanya para
designer game kebanyakan mengambil cerita dari karya novel, film dan lain-lain
yang diadaptasikan ke sebuah game, contoh: game wall-e
Jadi untuk para pemula yang ingin membuat game tapi
merasa tidak bisa menggambar atau merasa kalau belajar pemrograman terlalu
sulit, tidak perlu merasa putus asa. Kalau punya ide yang fun dan ingin membuat
game dari ide itu, coba tuangkan ke kertas lalu rumuskan mekaniknya. Lalu ajak
orang lain berkolaborasi untuk mewujudkan ide game itu. Coba untuk memainkan
berbagai macam genre game, lalu lakukan analisa tentang mekanik dan elemen lain
yang membuat game itu menyenangkan untuk dimainkan. Itu bisa jadi latihan untuk
mengasah kemampuan sebagai seorang game designer.
sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_design
http://www.teknojurnal.com/2012/03/19/bagaimana-cara-membuat-game-bagian-1/
http://rizkiekasatria.wordpress.com/2011/02/25/pembuatan-game/
Tidak ada komentar :
Posting Komentar