a. New Media
New media adalah istilah yang luas dalam studi media yang
muncul di bagian akhir abad ke-20 yang mengacu pada on-demand akses ke konten
kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital , serta
umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat
sekitar konten media. Lain janji penting dari media baru adalah " demokratisasi
"dari, penerbitan penciptaan distribusi, dan konsumsi isi
media. Aspek lain dari media baru adalah generasi real-time baru, konten tidak
diatur.
Teknologi yang paling digambarkan sebagai "media baru" adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat , kompresibel , dan interaktif . Beberapa contoh mungkin internet, website, multimedia komputer, video game , CD-ROM, dan DVD. Media baru tidak termasuk program televisi , film, majalah , buku, atau kertas publikasi berbasis - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital. Wikipedia, ensiklopedia online, adalah salah satu contohnya, menggabungkan internet diakses teks digital, gambar dan video dengan web-link, partisipasi kreatif kontributor, umpan balik pengguna interaktif dan pembentukan komunitas peserta editor dan donor untuk kepentingan non-masyarakat pembaca. Facebook adalah contoh dari media sosial model, di mana sebagian besar pengguna juga peserta.
Sejarah
Pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebih kuat. Itu tidak sampai tahun 1980-an yang Alan Kay dan rekan kerja di Xerox PARC mulai memberikan kekuatan sebuah komputer pribadi untuk individu, daripada memiliki organisasi besar bertanggung jawab atas hal ini. "Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, bagaimanapun, tampaknya kita menyaksikan berbagai jenis hubungan paralel antara perubahan sosial dan desain komputer . Meskipun kausal terkait, secara konseptual masuk akal bahwa Perang Dingin dan desain Web berlangsung tepat waktu yang sama ".
Sampai tahun 1980-an media yang mengandalkan terutama pada media cetak dan analog siaran model, seperti dari televisi dan radio . Dua puluh lima tahun terakhir telah melihat transformasi cepat ke media yang ditautkan pada penggunaan teknologi digital, seperti internet dan video game . Namun, contoh-contoh ini hanya representasi kecil dari media baru. Penggunaan komputer digital telah mengubah sisa 'tua' media, seperti yang disarankan oleh munculnya televisi digital dan publikasi online . Bahkan bentuk media tradisional seperti mesin cetak telah diubah melalui penerapan teknologi seperti manipulasi gambar perangkat lunak seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing.
Andrew L. Shapiro (1999) berpendapat bahwa "munculnya baru, teknologi digital sinyal pergeseran berpotensi radikal yang mengendalikan informasi, pengalaman dan sumber daya" (Shapiro dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). W. Russell Neuman (1991) menunjukkan bahwa sementara "media baru" memiliki kemampuan teknis untuk menarik satu arah, kekuatan ekonomi dan sosial tarik kembali dalam arah yang berlawanan. Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan mengaburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal dan massa dan antara komunikasi publik dan swasta" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:
Cendekiawan, seperti Lister et al. (2003) dan Friedman (2005), telah menyoroti baik implikasi potensial dan aktual positif dan negatif dari teknologi media baru, menunjukkan bahwa beberapa karya awal ke dalam studi media baru bersalah karena teknologi determinisme - dimana efek dari media ditentukan oleh teknologi sendiri, daripada melalui menelusuri jaringan sosial kompleks yang diatur pengembangan pengembangan, pendanaan, pelaksanaan dan masa depan teknologi apapun.
Anthony Flew (2002) menyatakan bahwa sebagai hasil dari evolusi teknologi media baru, globalisasi terjadi. Globalisasi umumnya dinyatakan sebagai "lebih dari perluasan kegiatan di luar batas-batas negara bangsa tertentu". Globalisasi memperpendek jarak antara orang di seluruh dunia dengan komunikasi elektronik (Carely 1992 di Flew 2002) dan Cairncross (1998) mengungkapkan ini pembangunan besar sebagai "kematian jarak". Media baru "radikal memecahkan hubungan antara tempat fisik dan tempat sosial, membuat lokasi fisik jauh kurang berarti untuk hubungan sosial kita" (Croteau dan Hoynes 2003: 311).
Namun, perubahan dalam lingkungan media baru menciptakan serangkaian ketegangan dalam konsep "ruang publik". Menurut Ingrid Volkmer, "ruang publik" didefinisikan sebagai proses melalui mana komunikasi publik menjadi direstrukturisasi dan sebagian dari disembedded politik nasional dan budaya lembaga. Ini tren ruang publik global tidak hanya sebagai bentuk ekspansi geografis suatu bangsa ke seluruh dunia, tetapi juga mengubah hubungan antara masyarakat, media dan negara (Volkmer, 1999:123).
Keamanan nasional
Teknologi yang paling digambarkan sebagai "media baru" adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat , kompresibel , dan interaktif . Beberapa contoh mungkin internet, website, multimedia komputer, video game , CD-ROM, dan DVD. Media baru tidak termasuk program televisi , film, majalah , buku, atau kertas publikasi berbasis - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital. Wikipedia, ensiklopedia online, adalah salah satu contohnya, menggabungkan internet diakses teks digital, gambar dan video dengan web-link, partisipasi kreatif kontributor, umpan balik pengguna interaktif dan pembentukan komunitas peserta editor dan donor untuk kepentingan non-masyarakat pembaca. Facebook adalah contoh dari media sosial model, di mana sebagian besar pengguna juga peserta.
Sejarah
Pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebih kuat. Itu tidak sampai tahun 1980-an yang Alan Kay dan rekan kerja di Xerox PARC mulai memberikan kekuatan sebuah komputer pribadi untuk individu, daripada memiliki organisasi besar bertanggung jawab atas hal ini. "Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, bagaimanapun, tampaknya kita menyaksikan berbagai jenis hubungan paralel antara perubahan sosial dan desain komputer . Meskipun kausal terkait, secara konseptual masuk akal bahwa Perang Dingin dan desain Web berlangsung tepat waktu yang sama ".
Sampai tahun 1980-an media yang mengandalkan terutama pada media cetak dan analog siaran model, seperti dari televisi dan radio . Dua puluh lima tahun terakhir telah melihat transformasi cepat ke media yang ditautkan pada penggunaan teknologi digital, seperti internet dan video game . Namun, contoh-contoh ini hanya representasi kecil dari media baru. Penggunaan komputer digital telah mengubah sisa 'tua' media, seperti yang disarankan oleh munculnya televisi digital dan publikasi online . Bahkan bentuk media tradisional seperti mesin cetak telah diubah melalui penerapan teknologi seperti manipulasi gambar perangkat lunak seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing.
Andrew L. Shapiro (1999) berpendapat bahwa "munculnya baru, teknologi digital sinyal pergeseran berpotensi radikal yang mengendalikan informasi, pengalaman dan sumber daya" (Shapiro dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). W. Russell Neuman (1991) menunjukkan bahwa sementara "media baru" memiliki kemampuan teknis untuk menarik satu arah, kekuatan ekonomi dan sosial tarik kembali dalam arah yang berlawanan. Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan mengaburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal dan massa dan antara komunikasi publik dan swasta" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:
- Mengubah arti jarak geografis.
- Memungkinkan untuk peningkatan besar dalam volume komunikasi .
- Memberikan kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
- Memberikan kesempatan untuk komunikasi interaktif.
- Memungkinkan bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah untuk tumpang tindih dan interkoneksi.
Cendekiawan, seperti Lister et al. (2003) dan Friedman (2005), telah menyoroti baik implikasi potensial dan aktual positif dan negatif dari teknologi media baru, menunjukkan bahwa beberapa karya awal ke dalam studi media baru bersalah karena teknologi determinisme - dimana efek dari media ditentukan oleh teknologi sendiri, daripada melalui menelusuri jaringan sosial kompleks yang diatur pengembangan pengembangan, pendanaan, pelaksanaan dan masa depan teknologi apapun.
Definisi
Meskipun ada beberapa cara yang New Media dapat dijelaskan, Lev Manovich, dalam pengantar The New Media Reader, mendefinisikan New Media dengan menggunakan delapan proposisi sederhana dan ringkas:- Media baru versus cyberculture - cyberculture adalah fenomena sosial yang beragam yang berkaitan dengan internet dan jaringan komunikasi (blog, online multi-player game), sedangkan New Media lebih berkaitan dengan benda-benda budaya dan paradigma (digital untuk televisi analog, iPhone).
- New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai Platform Distribusi New Media adalah obyek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk distribusi dan pameran. misalnya (setidaknya untuk sekarang) Internet, situs Web, multimedia komputer, Blu-ray disk dll Masalah dengan hal ini adalah bahwa definisi harus direvisi setiap beberapa tahun. Istilah "media baru" tidak akan "baru" lagi, karena kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan melalui komputer.
- New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software - Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua benda budaya yang mengandalkan representasi digital dan pengiriman berbasis komputer melakukan berbagi sejumlah kualitas umum. Media baru dikurangi menjadi data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Sekarang operasi media dapat membuat beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-scaling, mengasah, rasterizing, dll
- New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak - "New Media hari ini dapat dipahami sebagai campuran antara konvensi budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi dan konvensi terbaru dari representasi data, akses, dan manipulasi The. "tua" Data adalah representasi dari realitas visual dan pengalaman manusia, dan "baru" Data adalah data numerik komputer ini terus keluar dari kunci "kreatif" keputusan, dan didelegasikan kepada posisi teknisi.. " misalnya Dalam film, perangkat lunak yang digunakan di beberapa daerah produksi, pada orang lain dibuat menggunakan animasi komputer.
- New Media sebagai Estetika yang Menemani Tahap Awal Setiap Media modern dan Teknologi Komunikasi Baru - "Sementara kiasan ideologis memang tampaknya akan muncul kembali lebih teratur, strategi estetik banyak mungkin muncul kembali dua atau tiga kali ... Agar pendekatan ini menjadi benar-benar berguna itu tidak akan cukup untuk hanya nama strategi dan kiasan dan untuk merekam momen penampilan mereka, melainkan kita harus mengembangkan analisis yang komprehensif banyak lagi yang berkorelasi sejarah teknologi dengan sejarah sosial, politik, dan ekonomis atau periode modern. "
- New Media sebagai Eksekusi Cepat Algoritma Sebelumnya secara manual atau melalui Teknologi Lain - Komputer adalah mempercepat-besar apa yang sebelumnya teknik manual. kalkulator misalnya. "Secara dramatis mempercepat eksekusi membuat teknik representasi yang mungkin sebelumnya tidak ada." Hal ini juga memungkinkan bentuk baru seni media seperti multimedia interaktif dan permainan video. "Pada satu tingkat, sebuah komputer digital modern hanyalah sebuah kalkulator cepat, kita tidak harus mengabaikan identitas lainnya:. Bahwa dari alat kontrol sibernetik"
- New Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernisme, New Media sebagai NUSANTARA - Manovich menyatakan bahwa tahun 1920 lebih relevan dengan New Media daripada jangka waktu lainnya. Meta-media bertepatan dengan postmodernisme dalam bahwa mereka berdua bekerja ulang lama daripada membuat baru bekerja. Media baru avant-garde "adalah tentang cara-cara baru untuk mengakses dan memanipulasi informasi" (hypermedia misalnya, database, mesin pencari, dll). Meta-media adalah sebuah contoh bagaimana kuantitas dapat berubah menjadi kualitas seperti dalam teknologi media baru dan teknik manipulasi dapat "recode estetika modernis menjadi estetika postmodern sangat berbeda."
- New Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni dan Komputasi Modern - Post WWII Art atau "kombinatorik" melibatkan menciptakan gambar dengan sistematis mengubah parameter tunggal. Hal ini mengarah pada penciptaan atau gambar sangat mirip dan struktur spasial. "Ini menggambarkan bahwa algoritma, ini bagian penting dari media baru, tidak tergantung pada teknologi, tetapi dapat dilaksanakan oleh manusia."
Globalisasi dan News Media
Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Ini telah memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, website, gambar, dan lainnya user-generated media.Anthony Flew (2002) menyatakan bahwa sebagai hasil dari evolusi teknologi media baru, globalisasi terjadi. Globalisasi umumnya dinyatakan sebagai "lebih dari perluasan kegiatan di luar batas-batas negara bangsa tertentu". Globalisasi memperpendek jarak antara orang di seluruh dunia dengan komunikasi elektronik (Carely 1992 di Flew 2002) dan Cairncross (1998) mengungkapkan ini pembangunan besar sebagai "kematian jarak". Media baru "radikal memecahkan hubungan antara tempat fisik dan tempat sosial, membuat lokasi fisik jauh kurang berarti untuk hubungan sosial kita" (Croteau dan Hoynes 2003: 311).
Namun, perubahan dalam lingkungan media baru menciptakan serangkaian ketegangan dalam konsep "ruang publik". Menurut Ingrid Volkmer, "ruang publik" didefinisikan sebagai proses melalui mana komunikasi publik menjadi direstrukturisasi dan sebagian dari disembedded politik nasional dan budaya lembaga. Ini tren ruang publik global tidak hanya sebagai bentuk ekspansi geografis suatu bangsa ke seluruh dunia, tetapi juga mengubah hubungan antara masyarakat, media dan negara (Volkmer, 1999:123).
Sebagai alat untuk perubahan sosial
Gerakan sosial media memiliki sejarah yang kaya dan bertingkat (lihat agitprop ) yang telah berubah dengan kecepatan tinggi sejak New Media menjadi banyak digunakan (Chris Atton ). The Army Zapatista internasional Pembebasan dari Chiapas , Meksiko adalah gerakan besar pertama untuk membuat dikenal luas dan efektif penggunaan Media Baru untuk komunike dan mengorganisir pada tahun 1994. Sejak itu, New Media telah digunakan secara luas oleh gerakan sosial untuk mendidik, mengatur, berbagi produk budaya gerakan, berkomunikasi, membangun koalisi, dan banyak lagi. The Konferensi Menteri WTO tahun 1999 kegiatan protes adalah tengara lain dalam penggunaan New Media sebagai alat untuk perubahan sosial. Protes WTO menggunakan media untuk mengatur tindakan asli, berkomunikasi dengan dan mendidik peserta, dan digunakan sebagai sumber media alternatif. The Indymedia gerakan juga dikembangkan dari tindakan ini, dan telah menjadi alat yang hebat dalam demokratisasi informasi , yang dibahas secara luas aspek lain dari gerakan media baru. Beberapa ahli bahkan melihat demokratisasi ini sebagai indikasi penciptaan sebuah paradigma "radikal, sosio-teknis untuk menantang model yang dominan, neoliberal dan teknologi determinis informasi dan komunikasi teknologi ". Sebuah pandangan yang kurang radikal sepanjang garis-garis yang sama adalah bahwa orang yang mengambil keuntungan dari internet untuk menghasilkan globalisasi akar rumput, salah satu yang anti-neoliberal dan berpusat pada orang daripada arus modal. Of Tentu saja, beberapa juga skeptis terhadap peran Media Baru di Gerakan Sosial. Banyak sarjana menunjukkan akses terhadap media baru sebagai penghalang bagi gerakan berbasis luas, kadang-kadang bahkan menindas beberapa dalam gerakan. Lain skeptis tentang bagaimana demokrasi atau berguna itu benar-benar adalah untuk gerakan sosial, bahkan bagi mereka yang memiliki akses. Ada juga banyak New Media komponen yang aktivis menyebut sebagai alat untuk perubahan yang belum banyak dibahas seperti itu oleh akademisi.Keamanan nasional
New Media juga baru-baru
menjadi menarik bagi global spionase masyarakat karena mudah diakses secara
elektronik dalam database yang format dan karena itu dapat dengan
cepat diambil dan reverse direkayasa oleh nasional pemerintah . Terutama menarik bagi spionase masyarakat adalah Facebook dan Twitter , dua situs di mana orang bebas
membocorkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring melalui dan
diarsipkan untuk penciptaan otomatis berkas pada kedua orang bunga dan warga
rata-rata.
Interaktivitas dan media baru
Interaktivitas telah menjadi istilah untuk sejumlah media baru menggunakan opsi berkembang dari penyebaran cepat internet jalur akses, dengan digitalisasi media, dan konvergensi media . Pada tahun 1984, Beras mendefinisikan media baru sebagai teknologi komunikasi yang memungkinkan atau memfasilitasi pengguna-untuk-pengguna interaktivitas dan interaktifitas antara pengguna dan informasi. Definisi seperti menggantikan " satu-ke-banyak "model komunikasi massa tradisional dengan kemungkinan dari " banyak-ke-banyak web "komunikasi. Setiap individu dengan teknologi tepat guna sekarang dapat menghasilkan media online-nya dan termasuk gambar, teks, dan suara tentang apa pun yang ia memilih. Dengan demikian konvergensi metode baru komunikasi dengan teknologi baru menggeser model komunikasi massa, dan radikal membentuk ulang cara kita berinteraksi dan berkomunikasi dengan satu sama lain. Dalam "Apa media baru?" Vin Crosbie (2002) menggambarkan tiga macam media komunikasi. Dia melihat media yang Interpersonal sebagai "one to one", media massa sebagai "satu ke banyak", dan akhirnya Media Baru sebagai Individuasi Media atau "banyak ke banyak".Industri
Industri media baru berbagi hubungan terbuka dengan segmen pasar banyak di berbagai bidang seperti software / desain video game , televisi, radio , dan terutama film, iklan dan pemasaran , di mana industri berusaha untuk memperoleh hasil dari keuntungan dari dua arah dialog dengan konsumen terutama melalui internet . Industri periklanan telah memanfaatkan perkembangan media baru dengan lembaga-lembaga besar berjalan multi-juta dolar iklan interaktif anak. Website interaktif dan kios telah menjadi populer. Dalam sejumlah kasus biro iklan juga telah membentuk divisi baru untuk mempelajari media baru. PR perusahaan juga mengambil keuntungan dari peluang di media baru melalui PR interaktif praktek. Interaktif PR praktek termasuk penggunaan media sosial untuk menjangkau khalayak massa secara online pengguna jaringan sosial.Pemuda dan media baru
Orang-orang muda ditambatkan ke ponsel mereka untuk teks dan mengakses situs jejaring sosial di jalan, transportasi, di sekolah dan di rumah adalah adegan umum di Amerika Serikat. Berdasarkan data nasional yang representatif, sebuah Kaiser Family Foundation Studi dilakukan di lima tahun interval pada tahun 1998-1999, 2003-2004 dan 2008-2009 menemukan bahwa dengan teknologi yang memungkinkan akses hampir 24 jam media, jumlah waktu anak muda menghabiskan waktu dengan hiburan Media telah meningkat secara dramatis, terutama di kalangan pemuda Hitam dan Hispanik. Hari ini, 8-18 year-olds mengabdikan rata-rata 7 jam dan 38 menit (7:38) untuk menggunakan media hiburan di hari-hari biasa (lebih dari 53 jam seminggu) - tentang jumlah yang sama kebanyakan orang dewasa menghabiskan di tempat kerja per hari.
c. Manfaat News Media :
- Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja
- Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan, sebagai contoh di facebook sekarang ini sudah banyak orang orang yang memanfaatkannya untuk membuka toko online atau yang lebih kita sering dengar sebagai online shop.
- Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streaming video, dll.
- Sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan video conference biaya tersebut bisa lebih diminimalisir.
d. KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen dari new media yaitu
: Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat
dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat
mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email,
Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya. Dengan SmartPhone kita dapat
lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan
informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs
jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar
dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru. Internet
dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat
mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita
untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer
dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita
mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan,
antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet.
Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
e.APLIKASI NEW MEDIA
Berbagai
macam aplikasi-aplikasi New Media, diantaranya :
Google Inc. (NASDAQ: GOOG
dan LSE: GGEA)
merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat,
berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.
Keuntungan dari AdWords merupakan hampir seluruh keuntungan perusahaan ini. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford. Mereka berdua memiliki saham pada perusahaan sebesar 16 persen. Pada awalnya, perusahaan ini dibentuk sebagai perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004. Sejak awal, misi dari perusahaan ini adalah "To organize world's Information and make it universally accessible and useful" (Untuk mengatur seluruh informasi di dunia dan membuatnya bisa diakses dan berguna bagi semua orang), dan slogan tidak resminya adalah "Don't Be Evil" (Janganlah menjadi jahat). Tahun 2006 perusahaan ini melakukan perpindahan markas ke Mountain View, California.
YouTube
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
YouTube adalah sebuah situs web
video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat,
menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip
musik
(video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya
sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di
penjelajah
web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei
2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.[3]Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Surat elektronik, juga dikenal sebagai email
atau e-mail, adalah metode bertukar pesan digital dari penulis untuk
satu atau lebih penerima. Email modern beroperasi di Internet atau jaringan komputer . Beberapa sistem email awal
diperlukan bahwa penulis dan penerima berdua akan secara online pada saat yang sama, yang sama dengan
instant messaging . Sistem email hari ini didasarkan
pada toko-and-forward model. Email server menerima, meneruskan, mengirim dan
menyimpan pesan. Baik pengguna maupun komputer mereka diharuskan untuk online
secara bersamaan, mereka perlu hubungkan hanya sebentar, biasanya ke server email , selama yang dibutuhkan untuk
mengirim atau menerima pesan. Sumber: en.wikipedia.org/wiki/New_media
id.wikipedia.org
Tidak ada komentar :
Posting Komentar