Pages

Sabtu, 19 November 2011

Dampak & Pengaruh Perkembangan IPTEK (Soft Skill)

Dampak & Pengaruh Perkembangan IPTEK (Soft Skill)
Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.
Kalaupun teknologi mampu mengungkap rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi berarti kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan . Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia.
Yang saya rahsakan teknologi memang sangat bermanfaat dan membantu kehidupan serta aktivitas saya sehari-hari. Sebagai seorang mahasiswa saya sangat bergantung kepada alar-alat elektronik yang memang sangat saya butuhkan.
Dari mulai bangun tidur sampai saya berbaring kembali ke tempat tidur saya tidak akan lupa dengan alat komunikasi atau gadget yang saya selalu gunakan setiap hari. Peralatan elektronik serta alat komunikasi saya rasakan cukup membantu dalam kehidupan saya, saya dapat mengerjakan tugas-tugas dengan alat-alat elektronik dan gadget yang saya miliki. Saya rasa ilmu pengetahuan dan teknologi sudah masuk dalam kebutuhan pokok manusia. Setiap orang membutuhkan peralatan elektronik, sampai anak kecil yang masih dibawah umur pun sudah menggunakan peralatan elktronik seperti handphone dan komputer. Seakan-akan manusia tidak akan bisa hidup tanpa ada peralatan elektronik. Bila aliran listrik mati beberapa jam pun orang-orang sudah kesal dan merasa bingung seakan-akan kehilangan sesuatu yang sangat berharga. Bukan hanya itu manusia ter mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalan berbagai bidang seperti pendidikan, transfortasi, kesahatan, perbankan dll. Hidup manusia semakin dipermudah dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seakan-akan dunia semakin sempit dan waktu semakin singkat akibat proses modernisasi. Tetapi terkadang kemaujuan teknologi juga dapat membawa dampak negatif untuk kita semua.

Tidak ada komentar :