Pages

Minggu, 27 November 2011

Tradisi Hidup Di Tengah Modernisasi

Tradisi Hidup Di Tengah Modernisasi?..... Judul ini saya ambil dari lirik lagu Jogja Istimewa (Jogja Hip – Hop Foundation). Lagunya menarik dan sangat enak didengar dan bisa memberi semangat. Tapi saya bukan mau membahas tentang lagu tersebut.

Bisakah tradisi dan budaya hidup ditengah modernisasi? Atau akan habis tergerus oleh kemajuan jaman dan perubahan iklim sosial budaya???.... Tentu kemungkinan itu pasti ada!! Bagaimana supaya Tradisi dan Budaya tetap bisa hidup di tengah Modernisasi? Tentu semua orang punya jawaban dan cara tersendiri. Tapi jujur saya sangat ingin mempertahankan Budaya dan Tradisi Indonesia, atau memadukan Tradisi dan Modernisasi. Sebenarnya itu tidak sulit, namun diri kita sendiri yang mempersulit. Semuanya tergantung pilihan kita sendiri dan kemana arah yang akan kita ambil. Menuju masa depan dengan segala sesuatu yang baru dan nilai-nilai atau adat istiadat yang baru yang cenderung mengarah ke HEDONISME dan kebabasan tanpa aturan, ATAU menjadi manusia modern dan tetap menjadi diri sendiri juga mempertahankan jati diri bangsa Indonesia?

Mulailah cintai Budaya sendiri, jangan sampai kita terbawa arus yang menyesatkan. Kita ambil yang baik dan bermanfaat bukan menjiplak dan memakai semua yang dimiliki negara maju! Apalagi seperti negara-negara BARAT yang jelas-jelas budaya dan nilai norma mereka sangat bertolak belakang dengan budaya dan nilai – nilai norma yang dimiliki Indonesia!

Seharusnya kita sadar dan kita senang karena Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat indah dan tidak dimiliki negara lain.!!! Jangan sampai kekayaan kita hilang karena ketidak pedulian diri kita sendiri dan jangan sampai dicuri oleh tetangga yang doyan MENGUNTIL!!

Lihatlah Keindahan Budaya Yang Kita Miliki!



Tidak ada komentar :